Sejak 1980-an, dataran pantai kecil, sekitar 30 kilometer barat daya kota Almeria, telah mengembangkan konsentrasi  rumah kaca terbesar di dunia, mencakup 26.000 hektar. Beberapa ton sayuran rumah kaca dan buah-buahan seperti tomat, paprika, mentimun dan zucchinis diproduksi di sini setiap tahun. Lebih dari setengah dari permintaan Eropa untuk buah-buahan dan sayuran segar yang tumbuh di bawah nuansa plastik, memicu kenaikan pendapatan ekonomi  provinsi Almeria  $ 1,5 miliar per tahun.

Tapi 35 tahun yang lalu, wilayah ini di sebelah tenggara Spanyol kering dan gersang, dan gurun-seperti, hanya  menerima rata-rata 200 mm curah hujan per tahun. Bahkan, film Spaghetti barat dulunya dibuat di sini, karena lahan itu begitu kering dan tandus. Tetapi dengan tanah dan sistem hidroponik dan penggunaan pupuk kimia menjadi pertanian selama 35 tahun terakhir, daerah telah digunakan secara intensif untuk pertanian.


Suhu yang begitu tinggi menyebabkan penduduk lokal enggan bekerja sebagai buruh tani. Alhasil, pekerja imigran gelap dari Afrika dan Eropa Timur jadi pilihan. Sayang, kondisi di sini sangat memprihatinkan. Jarang terdapat toilet di pertanian ini, buruh tani hidup dengan ekonomi sulit hanya digaji 33 hingga 36 euro per hari. Pelacuran pun meningkat.

Di sisi keuntungan dagang dan industri, rumah kaca Almeria memang menguntungkan. Selain jadi pemasok sayuran di Eropa, kemunculan rumah kaca berbahan plastik menguntungkan pabrik plastik. Kota-kota di sekitar Almeria yang menjadi produsen plastik meraup untung tanpa memperhatikan lingkungan. Limbah plastik menutupi sungai-sungai, secara tak langsung mencemari laut.




Kematian ikan paus sperma yang terdampar di pantai selatan Spanyol beberapa bulan lalu ditengarai terkait dengan rumah kaca Almeria. Pemerhati lingkungan menemukan indikator kira-kira 17 kg limbah plastik dibuang ke laut sekitar.

Uniknya, kehadiran ribuan hektar 'rumah plastik' menurunkan suhu setempat rata-rata 0,3 derajat Celsius setiap 10 tahun sejak tahun 1983. Sementara wilayah Spanyol lainnya justru meningkat.

Diberdayakan oleh Blogger.